Langsung ke konten utama

Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia serta Alat dan Bahan yang harus diketahui


Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia serta Alat dan Bahan yang harus diketahui

Download Disini dokumen ini agar lebih Rapi dan Lengkap Dengan Gambar

Tusfiles

Note :
- Cara Download Tunggu Selama 5 Detik Kemudian Klik Skip di Pojok Kanan
- Jika Link Download Buku tidak aktif lagi silahkan PM Admin di email shirosora02@gmail.com maupun difacebook facebook.com/shirosora

Keselamatan Kerja Di Laboratorium Kimia
Terdapat banyak alat-alat maupun bahan-bahan berbahaya di dalam laboratorium kimia. Karena itu perlu berhati-hati dalam melakukan kegiatan-kegiatan dalam laboratorium, dan harus memperhatikan label-label yang tertera pada kemasan zat tersebut.
Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berada dalam laboratorium, yaitu :
1.        Jagalah agar semua senyawa dan pelarut jauh dari mulut, kulit, mata dan pakaian.
2.        Hindarilah dari menghirup uat atau debu. Untuk mencium gas kibaskas gas menggunakan tangan sampai bau tercium.
3.        Jangan mencicipi atau membawa makanan atau minuman dalam laboratorium.
4.        Berhati-hatilah bila bekerja dengan asam kuat reagen korosif, reagen-reagen yang volatil dan mudah terbakar.
5.        Menggunakan kacamata pengaman atau gunakan penutup yang lebih besar untuk menutupi seluruh wajah.
6.        Bagi yang menggunakan lensa kontak berhati-hati agar tidak ada bahan kimia yang masuk ke mata. Zat-zat yang bersifat korosif atau beracun dapat masuk dengan cepat ke bagian belakang lensa kontak, sehingga tidak mungkin dapat dicuci.
7.        Menggunakan sarung tangan bila diperlukan. Namun perlu diingat kerja menggunakan sarung tangan akan sedikit menghambat pekerjaan terutama dalam merangkai alat.
8.        Selama bekerja dilaboratorium harus menggunakan baju laboratorium dan harus dikancingkan dengan baik untuk melindungi diri dan mencegah kontaminasi pada baju yang digunakan sehari-hari. Baju laboratorium harus dicuci secara teratur dan berhati bila telah terkontaminasi.
9.        Jangan memanaskan, mencampur, menuang atau mengocok bahan kimia dekat wajah dan tubuh sendiri ataupun orang lain.
10.    Jangan mengambil larutan menggunakan mulut, selalu gunakan filer pipet.
11.    Berhati-hati terhadap asam dan basa kuat khusunya bila dipanaskan dan jangan pernah menambah air ke asam atau basa pekat.
12.    Bahan-bahan yang menghasilkan gas yang berbahaya harus ditangani di lemari asam dan menggunakan sarung tangan pelindung. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah halida fosfor, brom, semua klorida asam, anhidrida asam, asam nitrat berasap, larutan amonia pekat, cairan amonia, belerang dioksida.
13.    Bahan-bahan kimia yang telah di ambil tidak boleh dikembalikan ke dalam botol stok dan jangan membuang pelarut ke wadah yang telah disediakan terutama bahan-bahan organik. Untuk bahan-bahan yang lain dibuang sesuai petunjuk pembimbing.
14.    Jangan pernah memanaskan cairan organik meskipun sedikit atau dekat api. Selalu gunakan penangas air atau penangas minyak atau mantel pemanas listrik. Bila bekerja dengan eter, petroleum eter dan karbon disulfida diperlukan perhatian khusus karena bersifat volatil dan mempunyai titik nyala yang rendah, sehingga harus dipastikan tidak ada nyala api atau sumber api.
15.    Jangan memanaskan cairan atau larutan terutama cairan organik ditempat yang terbuka. Jika ingin dipanaskan harus menggunakan kondensor yang dapat disusun sebagai refluks atau destilasi. Untuk semua cairan organik jangan pernah menguapkan ke udara.
16.    Jangan pernah memanaskan sistem tertutup karena dapat terjadi ledakan.











Alat-Alat Kimia dan  Bahan-Bahan Kimia
Alat-Alat Kimia
No
Gambar
Nama
Kegunaan
1.
Pembakar Spirtus
Membakar zat atau memanaskan larutan dengan bahan bakar spirtus.
2.
Gelas Kimia (Gelas Beker)
§ Menampung dan mereaksikan bahan kimia atau larutan dalam jumlah yang banyak.
§ Untuk menyiapkan larutan yang akan digunakan.
§ Untuk melarutkan zat padat dalam air.
3.
Labu Erlenmeyer
§ Menyimpan dan memanaskan larutan dan menampung filtrate hasil penyaringan.
§ Untuk mereaksikan larutan serta untuk melakukan titrasi
4.
Batang Pengaduk
Untuk mengaduk larutan
5.
Pipet Ukur
Untuk mengukur volume larutan.
Untuk memindahkan beberapa tetes zat cair.
6.
Corong
Untuk  memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain terutama yang bermulut kecil serta digunakan untuk menyimpan kertas saring dalam proses penyaringan.
7.
Gelas Arloji (Watch Glass)
§ untuk menyimpan bahan yang akan ditimbang terutama untuk bahan padat atau pasta.
§ Dapat pula digunakan saat menutup wadah saat proses penguapan.
8.
Gelas Ukur (Graduated Cylinder, Measuring Cylinder)
Untuk mengukur volume 10 hingga 2000 mL. Gelas ukur dapat digunakan untuk mengukur volume segala benda, baik benda cair maupun benda padat pada berbagai ukuran volume.
9.
Tabung dan Rak Reaksi
§ Tabung reaksi berguna untuk menampung larutan dalam jumlah yang sedikit.
§ Rak reaksi berguna sebagai tempat menyimpan tabung reaksi .
10.
Penjepit Tabung Reaksi
Untuk menjepit tabung reaksi selama melakukan proses pemanasan.


Bahan-Bahan Kimia
No
Gambar
Nama
Kegunaan
1.
Acid Acetic
(Asam Asetat)
§ Asam asetat digunakan sebagai bahan baku pembuatan cellulose acetate, yang biasa digunakan dalam industri film.
§ Sebagai bahan baku pembuatan polyvinyl acetate, yaitu bahan baku pembuatan lem kayu.
§ Digunakan sebagai pelarut dalam proses-proses produksi di industri.
2.
Lar Pehling B
Fehling B merupakan campuran larutan NaOH dan kalium natrium tartrat. Pereksi Fehling dibuat dengan mencampurkan kedua larutan tersebut, sehingga diperoleh suatu larutan yang berwarna biru tua.

4.
Alkohol Antiseptik 70%
Dapat membunuh sekitar 90% bakteri kutaneus hanya dalam jangka waktu 2 menit, dan area tempat aplikasi dapat tetap lembab.
5.
Lar Biuret
Untuk mengetahui atau membuktikan keberadaan ikatan peptida pada suatu larutan. Keberadaan ikatan peptida ini menunjukkan bahwa larutan tersebut mengandung salah satu sumber energi bagi tubuh yaitu protein
6.
Raksa (i) Klorida
· Raksa merupakan unsur logam yang berbentuk cair pada suhu ruangan.
· Klorida adalah ion yang terbentuk sewaktu unsur klor mendapatkan satu elektron untuk membentuk suatu anion (ion bermuatan negatif) Cl.

Raksa banyak digunakan di laboratorium untuk pembuatan termometer, barometer, pompa difusi, lampu uap merkuri, sakelar merkuri, alat-alat elektronik lainnya,  pestisida, soda kaustik, produksi klor, gigi buatan, baterai dan katalis.
7.
Gelatine
Gelatin adalah zat kimia padat, tembus cahaya, tak berwarna, rapuh (jika kering), dan tak berasa, yang didapatkan dari kolagen yang berasal dari berbagai produk sampingan hewan.
Gelatin umumnya digunakan sebagai zat pembuat gel pada makanan, farmasi, fotografi, dan pabrik kosmetik.
8.
Glucose Bg
Sumber tenaga
9.
Anilin Sulfat

Aniline sulfat digunakan sebagai standar internal dalam disposisi stereoselektif metamfetamin (MAP, obat disalahgunakan secara luas)
10.
Sodium Hydroxide Pallets
Juga dikenal sebagai soda kaustik, atau alkali, adalah senyawa anorganik dengan rumus kimia NaOH.
Natrium hidroksida digunakan dalam banyak industri, terutama sebagai kuat kimia dasar dalam pembuatan bubur kertas dan kertas, tekstil , air minum, sabun dan deterjen dan sebagai saluran bersih.




Tag : keselamatan kerja di laboratorium kimia, keselamatan kerja di laboratorium biologi, keselamatan kerja di laboratorium ppt, keselamatan kerja di laboratorium ipa, keselamatan kerja di laboratorium pdf, keselamatan kerja di laboratorium kimia pdf, keselamatan kerja di laboratorium fisika, keselamatan kerja di laboratorium komputer, keselamatan kerja di laboratorium kimia beserta gambarnya, keselamatan kerja di laboratorium adalah, keselamatan kerja laboratorium adalah, alat keselamatan kerja di laboratorium, simbol keselamatan kerja di laboratorium dan artinya, artikel keselamatan kerja di laboratorium, aspek keselamatan kerja di laboratorium, alat keselamatan kerja di laboratorium dan fungsinya, aturan keselamatan kerja di laboratorium, aturan keselamatan kerja di laboratorium kimia, aspek keselamatan kerja di laboratorium biologi, keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium ipa.ppt, keselamatan kerja di laboratorium mikrobiologi, keselamatan kerja di laboratorium biologi ppt, keselamatan kerja dilaboratorium biologi kelas 10, keselamatan kerja di laboratorium biokimia, keselamatan kerja di laboratorium biologi sma, keselamatan kerja dilaboratorium biologi kelas 7, keselamatan kerja di laboratorium bahasa, keselamatan kerja di lab bio, prosedur keselamatan kerja di laboratorium biologi, simbol keselamatan kerja di laboratorium biologi, cara keselamatan kerja di laboratorium, contoh keselamatan kerja di laboratorium, cara keselamatan kerja di laboratorium kimia, contoh keselamatan kerja di laboratorium biologi dan penjelasannya, contoh keselamatan kerja di lab, cara menjaga keselamatan kerja di laboratorium, tata cara keselamatan kerja di laboratorium, contoh langkah keselamatan kerja di laboratorium, contoh makalah keselamatan kerja di laboratorium, contoh soal keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium dan simbol, keselamatan kerja di laboratorium.doc, keselamatan kerja di dalam laboratorium, keselamatan kerja di dalam laboratorium kimia, keselamatan kerja di dalam laboratorium biologi, simbol keselamatan kerja di laboratorium dan fungsinya, lambang keselamatan kerja di laboratorium dan artinya, keselamatan kerja laboratorium dan pengetahuan bahan, keselamatan kerja di laboratorium elektronika, keselamatan kerja di laboratorium farmasi, keselamatan kerja di lab fisika, makalah keselamatan kerja di laboratorium fisika, keselamatan kerja laboratorium fisika, kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium farmasi, alat keselamatan kerja di laboratorium beserta fungsinya, fungsi keselamatan kerja di laboratorium, standar keselamatan kerja laboratorium geografi, keselamatan kerja di laboratorium hematologi, hakikat keselamatan kerja di laboratorium, hakikat ilmu kimia dan keselamatan kerja di laboratorium, hal hal yang termasuk keselamatan kerja di laboratorium, hakikat ilmu kimia metode ilmiah keselamatan kerja di laboratorium, kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium hematologi, hakekat keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium kimia ppt, keselamatan kerja di laboratorium kimia sma, keselamatan kerja di laboratorium biologi kelas 10, keselamatan kerja di laboratorium kultur jaringan, jurnal keselamatan kerja di laboratorium, jelaskan keselamatan kerja di laboratorium, jurnal keselamatan kerja di laboratorium kimia, jelaskan keselamatan kerja di laboratorium kimia, jurnal kesehatan keselamatan kerja di laboratorium, jurnal tentang keselamatan kerja di laboratorium, jurnal kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium, contoh jurnal kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium, jelaskan langkah langkah untuk menjaga keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium kesehatan, keselamatan kerja di laboratorium klinik, keselamatan kerja di laboratorium kelas 7, keselamatan kerja di laboratorium listrik, simbol keselamatan kerja di laboratorium lengkap, lambang keselamatan kerja di laboratorium, langkah keselamatan kerja di laboratorium, langkah keselamatan kerja di laboratorium biologi, laporan keselamatan kerja di laboratorium, lks keselamatan kerja di laboratorium, literatur keselamatan kerja di laboratorium, laporan keselamatan kerja di laboratorium kimia, pedoman keselamatan kerja di laboratorium mikrobiologi, keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium mikrobiologi, kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium mikrobiologi, makalah keselamatan kerja di laboratorium, makalah keselamatan kerja di laboratorium kimia, materi keselamatan kerja di laboratorium, makalah keselamatan kerja di laboratorium biologi, materi keselamatan kerja di laboratorium biologi, menjaga keselamatan kerja di laboratorium, standar operasional prosedur keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di lab ppt, keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan, mengapa keselamatan kerja di laboratorium perlu dijaga, kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium pdf, keselamatan kerja pada laboratorium, keselamatan kerja pada laboratorium kimia, keselamatan kerja di laboratorium rumah sakit, keselamatan kerja di ruang laboratorium, kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium rumah sakit, rangkuman keselamatan kerja di laboratorium, rpp keselamatan kerja di laboratorium, rangkuman keselamatan kerja di lab, rambu-rambu keselamatan kerja di laboratorium, resume keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium, resume tentang keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium, rangkuman tentang keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium sekolah, keselamatan kerja di laboratorium smp, mengapa keselamatan kerja di laboratorium sangat perlu dijaga, mengapa menjaga keselamatan kerja di laboratorium sangat penting, keselamatan kerja dalam laboratorium sains, tanda keselamatan kerja di laboratorium, tujuan keselamatan kerja di laboratorium, tips keselamatan kerja di laboratorium, tentang keselamatan kerja di laboratorium, tabel keselamatan kerja di laboratorium, tujuan keselamatan kerja di laboratorium kimia, tujuan keselamatan kerja di lab, tentang keselamatan kerja di lab, tata tertib keselamatan kerja di laboratorium, artikel tentang keselamatan kerja di laboratorium, uraian keselamatan kerja di laboratorium, undang-undang keselamatan kerja di laboratorium, tips untuk keselamatan kerja di laboratorium, usaha menjaga keselamatan kerja di laboratorium biologi, mengenal sop untuk keselamatan kerja di laboratorium, langkah-langkah untuk menjaga keselamatan kerja di laboratorium, usaha-usaha untuk menjaga keselamatan kerja di laboratorium biologi, sop untuk keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium, sop untuk keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium kimia, video keselamatan kerja di laboratorium, video keselamatan kerja di laboratorium kimia, keselamatan kerja di laboratorium wikipedia, keselamatan kerja laboratorium warna, yang dimaksud keselamatan kerja di laboratorium, apa yang dimaksud keselamatan kerja di laboratorium, metode ilmiah yang berhubungan dengan keselamatan kerja di laboratorium, apa yang di maksud dengan keselamatan kerja di laboratorium, 20 simbol keselamatan kerja di laboratorium, 4 aspek keselamatan kerja di laboratorium, 5 langkah keselamatan kerja di laboratorium, 6 simbol keselamatan kerja di laboratorium, ipa kelas 7 keselamatan kerja di laboratorium

Postingan populer dari blog ini

Download Ebook Kimia Analitik .pdf gratis

Download Ebook Kimia Analitik Kali ini saya akan berbagi  Buku atau Ebook Kimia Analitik .pdf gratis  Ebook Kimia Analisa ini ada berbagai Ebook di antara dari Ebook Kimia Analitik, serta   Ebook Kimia Analisa dasar I, lainnya..  Ada juga dalam versi bahasa inggris yaitu Buku atau  Ebook  Modern Analyitical Chreymistry - David Harvey serta Ebook  Analytical Chemistry for Technicians Third Edition Download Kimia Analitik Tusfiles Download Ebook Kimia Analisa I Tusfiles Download Modern Analyitical Chreymistry - David Harvey Tusfiles Download Analytical Chemistry for Technicians Third Edition Tusfiles NB :  - Cara Download Tunggu Selama 5 Detik Kemudian Klik Skip di Pojok Kanan - Jika Link Download Buku tidak aktif lagi silahkan PM Admin di email shirosora02@gmail.com maupun difacebook facebook.com/shirosora Tag : ebook kimia analitik underwood, ebook kimia analitik gratis, ebook kimia analitik kuantitatif, ebook kimia analitik bahas

Soal dan Pembahasan Lipid

Kumpulan Soal dan Pembahasan Lipid Unduh soal pembahasan Lipid untuk kelas XII SMA/MA Soal dan pembahasan Lipid dari berbagai penerbit buku seperti Erlangga oleh Michael Purba KTSP 2006 dan Unggul Sudarmo Kurikulum 2013, Yudhistira, Platinum, Grafindo, Phißeta dan Esis Download File dalam format .doc agar mudah dibaca dan tertata rapi lengkap dengan peta konsep dan prasyarat materi. Google Drive  |  Zippyshare  |  Mirror Soal dan Pembahasan Lemak dan minyak yang telah di lakukan ekstraksi dari ternak atau bahan nabati dan di murnikan dikenal dengan … Lemak mineral murni Lemak tersembunyi Asam lemak Lemak biasa Lemak luar biasa                                                                                           JAWABAN : D PEMBAHASAN Minyak dan lemak yang telah diekstraksi dari ternak atau bahan nabati dan dimurniakan dikenal sebagai lemak biasa atau lemak kasat mata (visible vat). (tine maria kuswati.dkk.hal 395) Berbagai bahan pangan seperti

Soal dan Pembahasan Larutan Penyangga (Buffer)

Kumpulan Soal dan Pembahasan Larutan Penyangga Unduh soal pembahasan Larutan Penyangga untuk kelas XI SMA/MA Soal dan pembahasan Larutan Penyangga ini dari berbagai penerbit buku seperti Erlangga oleh Michael Purba KTSP 2006 dan Unggul Sudarmo Kurikulum 2013, Yudhistira, Platinum, Grafindo, Phißeta dan Esis Download File dalam format .doc agar mudah dibaca dan tertata rapi. Google Drive  |  Zippyshare  |  Mirror Soal dan Pembahasan Pernyataan yang benar tentang larutan penyangga adalah .... mempertahankan pH sistem agar tetap memiliki komponen asam dan basa yang selalu berupa pasangan konjugasi mampu mengatasi penambahan asam dan basa dalam jumlah banyak memiliki kapasitas tertentu pengenceran tidak mengubah konsentrasi ion H +  dan OH - (KIMIA SMA XI. J.M.C. Johari, MSc.dan Ir. M. Rachmawati, MPhil. Esis. 2009 .h. 265) Jawaban : A Pembahasan: Larutan penyangga atau larutan buffer adalah larutan yang mampu mempertahankan pH pada kisarannya apabila terjadi